Thursday, February 02, 2017

Tips Wedding Photography


Bagi para fotografer profesional, hal yang tersulit adalah memotret pernikahan. Event ini tidak bisa diulang karena ini adalah moment sekali seumur hidup. Jadi sangat penting untuk tidak membuat kesalahan. Berikut adalah tips-tips untuk mensukseskan hal tersebut.

1. Once Upon A Time...
Foto emosi dan ceritakan kisahnya untuk membuat momen tersebut abadi. Sebagai fotografer, kita harus selalu siap untuk mengambil foto, karena tidak mungkin untuk meminta pasangan mengulang sebuah pose. Dalam foto pernikahan, lebih baik jika menggunakan mode continuous shooting dan selalu siap untuk menekan shutter button.

2. Ambil Kesempatan
Akan ada ratusan momen yang terjadi dalam suatu pernikahan dan fotografer harus selalu siap untuk mengabadikan momen tersebut. Misalnya ketika pengantin berjalan menuju altar, fotografer harus siap untuk mengambil foto, tetapi juga harus selalu menjaga jarak. Gunakan mode TV atau S (shutter priority) dan gunakan shutter speed 1/4s dan gunakan flash kamera ataupun flash tambahan untuk foto yang lebih tajam.

3. Ambil Foto Pernikahan Yang Tidak Biasa
Perhatikan celah-celah momen yang ada, seperti saat pengantin saling bercerita atau bercanda, yang mungkin akan menghasilkan foto yang sangat menarik. Gunakan flash dan bukaan kecil seperti f/14 keatas untuk menjaga agar foto tetap tajam.

4. Foto Saat Pengantin Meninggalkan Tempat Pernikahan
Foto pernikahan yang klasik adalah saat pengantin keluar dari tempat pernikahan dan para tamu sudah siap dengan confetti. Biasanya, saat ini akan terjadi pada siang hari, jadi gunakan aperture besar (f/2.8-f/5.6) untuk menjaga pengantin tetap fokus dan background menjadi sedikit blur. Gunakan flash dan shutter speed 1/125 atau mode continuous shooting untuk memotret momen saat pengantin terkena confetti dari para tamu.

5. Ciptakan Nuansa Fairy Tell
Walaupun ada beberapa momen yang harus ada seperti foto bersama sanak saudara, ingatlah untuk selalu menjadi kreatif. Kamu bisa mencari lokasi yang sepi nan indah dan meminta pengantin untuk berpose didepan jendela besar untuk menangkap siluet mereka. Jangan gunakan flash untuk memotret ini. 

6. Abadikan Momen Kegembiraan
Fotolah momen-momen bergembira saat pernikahan seperti saat orang-orang tua berdansa atau saat bridesmaid memperebutkan buket pengantin. Pernikahan adalah momen sekali seumur hidup, jadi buktikanlah kemampuan fotografi kalian untuk menghasilkan foto yang bagus.

Memastikan bahwa foto fokus dan tidak blur juga merupakan hal yang sangat penting. Gunakan flash, aperture yang lebar dan shutter speed yang tinggi, jika perlu untuk mengambil foto indoor atau candid. 

Sumber : Nikon Facebook Fan Page
https://www.facebook.com/notes/nikon/tips-wedding-photography/783160991822543

Semoga berkenan, bermanfaat, dan menginspirasi.

Subscribe untuk mendapatkan info terbaru mengenai artikel fotografi
Caranya : Masukkan alamat email Anda di kolom seperti gambar berikut yang terdapat di kanan atas.
Jangan lupa Like & Share jika Anda merasa artikel pada blog ini bermanfaat.
Follow me on Facebook, Twitter, Instagram, Tumblr and Google+
Caranya : klik ikon sosial media yang ada di atas. Terimakasih :)

2 comments:

  1. kalau bisa nanti foto pas wedding pengennya candid gitu...
    tapi, yang keren gan, jadi momentnya gak terlewatkan..
    semoga aja bisa hihih

    ReplyDelete
  2. Tips yang cocok banget buat fotografer wedding nih...

    ReplyDelete

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net