Thursday, February 09, 2017

Cara Mudah Membuat Double Exposure Sederhana

Double Exposure, yaitu teknik menggabungkan dua buah foto atau lebih menjadi satu komposisi. Banyak sekali artikel mengenai tutorial cara membuat efek double exposure ini. Namun, tidak ada satupun yang langsung saya mengerti ketika saya ingin mempraktekkannya (mungkin karena saya sangat awam dalam menggunakan aplikasi edit foto seperti Corel Draw maupun Adobe Photoshop).
Kebanyakan memberikan cara dengan tahap seleksi foto, mengubah background terlebih dahulu, dll. Hal-hal itulah yang saya belum mengerti dan belum tau bagaimana caranya, sehingga saya mencoba-coba membuat Double Exposure sederhana seperti ini.
Ini postingan pertama saya yang memberikan informasi dan ilmu dalam hal editing foto. Saya akan memberikan cara yang sederhana untuk membuat Double Exposure ini agar mudah dicoba oleh pemula seperti saya.

Saya menggunakan Adobe Photoshop CS3
Yang perlu disiapkan :
1 foto orang (bisa siluet / wajah / setengah badan / tergantung selera)
1 foto bebas (boleh pemandangan, bunga, dedaunan, hutan pinus, jalan raya, bangunan, dll)

Saya akan memberikan contoh dengan menggunakan kedua foto ini.
Langkah-langkah :
Buka program Adobe Photoshop
1. Klik File - Open
2. Klik kedua buah foto yang diinginkan
3. Untuk memudahkan melihat kedua gambar tsb, klik restore down
4. Klik foto orang, pada bagian layer klik kanan - layer from background - OK
5. Klik foto pemandangan, pada bagian layer klik kanan - layer from background - OK
6. Pada foto pemandangan : CTRL T - klik kanan Scale, dan jangan lupa klik move tool
7. Drag foto pemandangan tsb ke foto orang. Tampilannya menjadi seperti ini
8. Pada bagian layer foto pemandangan klik kanan -Blending Option
9. Pilih efek yang diinginkan, dan posisikan sesuai selera
(pada foto ini saya memilih efek Darken)
10. Tampilannya menjadi seperti ini
11. Save As- JPEG - OK
Dan ini gambar-gambar lainnya yang saya buat menjadi Double Exposure.

Effect : Overlay

Effect : Darken

Effect : Lighten

Effect : Multiply
Effect : Hard Light

Effect : Pin Light
Effect : Hard Light
Semoga bermanfaat :)

Subscribe untuk mendapatkan info terbaru mengenai artikel fotografi.
Caranya : Masukkan alamat email Anda di kolom seperti gambar berikut yang terdapat di kanan atas.
Jangan lupa Like & Share jika Anda merasa artikel pada blog ini bermanfaat.
Follow me on Facebook, Twitter, Instagram and Google+
Caranya : klik ikon sosial media yang ada di atas. Terimakasih :)


0 komentar:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net